Mandulnya ICMI Disaat Umat Islam Butuh Pembelaan



Mujahid 212 -  ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) yang dibentuk pada tanggal 7 Desember 1990 di sebuah pertemuan kaum cendekiawan muslim di Kota Malang tanggal 6-8 Desember 1990 nyaris tak terlihat hari ini.

Dalam konstalasi dan panasnya suhu politik yang sudah tarik menarik, golongan Islam sudah banyak yang jadi tumbal. Pembubaran HTI, Kriminalitas Ulama, dan Penodaan Agama adalah sekelumit potret dari kegelisahan umat Islam yang sepatutnya mendapatkan pembelaan. Jika pembelaan ini berharap pada pengadilan rakyat, maka kemungkinan chaos lebih besar.

Berbeda halnya ketika para cendekiawan yang tampil dengan kepiawaiannya dalam ranah intelektual, maka peranannya dalam pembelaan umat Islam sangat berarti.

ICMI yang masih menjadi icon cendekiawan umat Islam sudah seharusnya turun gunung dan menanggalkan profesi menara gadingnya. Sudah sepantasnya ICMI meninggalkan make-up populis dan citra baik dihadapan penguasa jika realitas yang sebenarnya malah mengkhianati kebenaran intelektual yang dipegangnya.

Kemana larinya ICMI hari ini?

Jika kurangnya dana menjadi masalah, apa susahnya buat pernyataan di facebook dan diiklankan dua juta rupiah saja, maka sikap ICMI dalam pembelaannya terhadap umat Islam sudah bisa dijangkau dan bisa pula dengan sukarela diviralkan netizen. Tapi mungkin ada hal lain.

Kita doakan saja peran ICMI dalam pembelaan terhadap umat Islam tidak sekedar logo dan nama saja. []


loading...